Situs Bandar Togel Online Terpercaya bisa anda akses langsung di TOTOCC

“Sungai atmosfer” lain diperkirakan akan datang banjir yang meluas ke beberapa bagian California minggu ini – dan ini bukan pertama kalinya fenomena cuaca yang kuat dan merusak mendatangkan malapetaka di negara bagian dalam beberapa hari terakhir. Prakiraan sungai di atmosfer yang melanda wilayah tersebut minggu ini akan menjadi yang ketiga sejak 26 Desember.

Dan badai terbaru adalah diharapkan lebih intens lagi daripada yang terakhir:

“Sederhananya, ini kemungkinan akan menjadi salah satu sistem yang paling berdampak dalam skala luas yang telah dilihat oleh ahli meteorologi ini dalam waktu yang lama,” bunyi pernyataan dari kantor Bay Area Layanan Cuaca Nasional. “Dampaknya akan mencakup banjir yang meluas, jalan yang rusak, lereng bukit yang runtuh, pepohonan tumbang (kebun yang berpotensi penuh), pemadaman listrik yang meluas, gangguan langsung terhadap perdagangan, dan yang terburuk dari semuanya, kemungkinan hilangnya nyawa manusia. Ini benar-benar sistem yang brutal yang sedang kita lihat dan perlu ditanggapi dengan serius.”

Sementara wilayah itu kemungkinan akan mengalami banjir serupa di anak sungai dan sungai, pohon tumbang, tanah longsor dan pemadaman listrik hingga badai 31 Desember, Dinas Cuaca Nasional mengatakan sungai-sungai utama, seperti Sungai Rusia di dekat Guerneville, dapat “mendekati atau mencapai tahap banjir. .”

Apa itu sungai atmosfer dan mengapa mereka diramalkan untuk Pantai Barat?

Apa itu sungai atmosfer?

Sungai atmosfer adalah wilayah panjang di atmosfer yang mengangkut air. Uap air yang mereka bawa kira-kira setara dengan aliran rata-rata air di muara Sungai Mississippi, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration. Jadi, ketika mereka mendarat dan melepaskan semua air itu, mereka dapat menyebabkan banjir yang parah.

Mereka adalah bagian penting dari siklus air laut dunia, sering berkontribusi pada persediaan air, kata NOAA. Namun mereka juga bisa membawa kehancuran.

Jalan Raya 101 Banjir
Sebuah mobil melewati jalur banjir di Highway 101 di San Francisco Selatan pada 31 Desember 2022.

Jeff Chiu / AP


Seberapa destruktif mereka?

Pada tahun 2009, sebuah sungai atmosfer yang melanda Inggris barat laut membawa sekitar 4.500 kali jumlah air daripada Sungai Thames di London, menyebabkan banjir ekstrem di daerah tersebut, menurut sebuah studi tahun 2013 oleh University of Reading dan University of Iowa.

Sebuah studi tahun 1998 oleh MIT menemukan sungai atmosfer dapat memiliki fluks kelembaban yang sama dengan Sungai Amazon – membawa sekitar 176.000 ton air per detik.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan sungai atmosfer dengan intensitas tinggi dapat merusak seperti badai. Mirip dengan badai, mereka memiliki sistem peringkat, tetapi peringkat mereka menggabungkan gagasan bahwa mereka dapat bermanfaat, berbahaya, atau keduanya. Sungai atmosfer Kategori 1 akan sangat bermanfaat, sedangkan Kategori 5 akan sangat berbahaya, jelas USGS. Badai terbaru diperkirakan menjadi Kategori 3, menurut Kepala ahli meteorologi CBS Bay Area Paul Heggen.

Selain banjir besar, aliran sungai juga dapat menyebabkan tanah longsor dan angin kencang yang dapat merobohkan pepohonan dan kabel listrik.

Skala kategori sungai atmosfer.

Survei Geologi Amerika Serikat


Tidak semua sungai di atmosfer menyebabkan kerusakan, dan dapat membawa hujan atau salju yang diperlukan untuk meningkatkan persediaan air. Seperti yang terjadi pada tahun 2010, ketika sungai di atmosfer membawa hujan 11 hingga 25 inci ke beberapa bagian Pantai Barat dan tumpukan salju yang sangat dibutuhkan, atau salju di pegunungan, menurut NOAA.

Baru-baru ini sungai atmosfer yang melanda California selama akhir pekan Tahun Baru menyebabkan banjir besar di Area Teluk San Francisco serta tanah longsor batu dan lumpur yang menutup jalan di seluruh area tersebut. Ribuan pelanggan Gas dan Listrik Pasifik kehilangan daya selama badai, CBS San Francisco melaporkan.

National Weather Service Bay Area mengatakan 5,46 inci hujan turun di San Francisco pada 31 Desember – menjadikannya hari terbasah kedua dalam lebih dari 170 tahun rekor untuk area itu. Oakland mengalami rekor hari terbasah sejak 1970 sementara Redwood City mencatat rekor hari terbasah ketiga sejak 1906

SEBUAH penasehat banjir dikeluarkan untuk sebagian besar Bay Area, yang telah dicabut. Itu sungai atmosfer juga membawa tumpukan salju ke pegunungan Sierra Nevada dan Danau Tahoe.

Seberapa umum mereka?

Ada tujuh sungai atmosfer yang ada di dunia pada waktu tertentu — dan tidak hanya di Pantai Barat AS, menurut Weather Channel.

Pada 2015, sebuah sungai atmosfer yang panjangnya lebih dari 5.000 mil disertai badai Atlantik besar yang disebut Storm Desmond, menyebabkan banjir yang meluas di Inggris, Irlandia, dan Norwegia.

Studi tahun 2013 oleh University of Reading dan University of Iowa menemukan fenomena tersebut mungkin menjadi lebih umum di Inggris dan menyebabkan banjir musim dingin yang lebih parah. Peningkatan sungai di atmosfer disebabkan oleh perubahan iklim, kata para peneliti.

Pada tahun 2010, negara bagian Mid-Atlantic di AS mengalami “snowmageddon”, yang diperburuk oleh sungai di atmosfer.

Atmosfer sungai seringkali membuat musim hujan di China yang dikenal dengan musim Mei-Yu menjadi lebih parah.

Sungai atmosfer yang terkenal adalah “Pineapple Express” — ini adalah sistem yang membawa air dari Hawaii ke daratan AS

Di Sierra Nevada, sungai di atmosfer 2,5 kali lebih mungkin menghasilkan peristiwa “hujan di atas salju” yang merusak – saat hujan turun di tumpukan salju dan membeku – daripada jenis badai musim dingin lainnya, menurut sebuah studi oleh NASA.

Dan sementara hanya 17% badai di Pantai Barat disebabkan oleh sungai di atmosfer, mereka menyumbang 30% hingga 50% curah hujan California. Mereka juga menyumbang 40% tumpukan salju Sierra, dan lebih dari 80% banjir besar di negara bagian itu, menurut studi NASA.

Sungai di atmosfer dapat diprediksi dan terkadang dapat diramalkan hingga seminggu sebelumnya, kata Weather Channel. Mirip dengan menggunakan pesawat pemburu badai untuk melacak badai, Scripps Institution of Oceanography dapat menjatuhkan sensor ke sungai atmosfer untuk mengumpulkan data tentangnya.

Apa yang diharapkan

Pada hari Selasa, Layanan Cuaca Nasional San Francisco memperingatkan daerah tersebut sedang mengalami ketenangan sebelum badai lainnya. Ini mengeluarkan peringatan untuk banjir dan angin dari Rabu hingga Kamis saat sungai atmosfer bergerak melalui wilayah tersebut, dan juga memperingatkan sistem cuaca lainnya akan membawa hujan dan angin tambahan ke minggu depan, mendesak penduduk California Utara untuk “membuat rencana sekarang!”

“Tanah yang jenuh dan angin kencang kemungkinan akan merobohkan pohon yang menyebabkan pemadaman listrik dan memblokir jalan,” layanan itu memperingatkan.

Badai itu diperkirakan akan mempengaruhi Sacramento dan Los Angeles juga.

https://www.cbsnews.com/news/atmospheric-what-is-it-hit-california-again-flooding-storm-weather-forecast/